
(PONDOK
PESANTREN ISLAM DIGITAL)
Pusat
Pelatihan Teknologi & Kaderisasi Dai Teknopreneur
MUQADDIMAH
Segala puji hanya pantas untuk Allah
Rabb semesta alam, Shalawat dan salam terlimpah kepada Rasulullah,
shahabat dan para pengikutnya hingga
akhir zaman.
Perkembangan media teknologi kini
telah memenuhi seluruh lini kehidupan
manusia.Karenanya manusia sangat terbantu untuk melakukan sesuatu dengan
cepat,hemat dan maksimal. Sebagai contoh dalam bidang transportasi dan
komunikasi, dulu jarak 500 KM bisa ditempuh dalam waktu 3 bulan
dengan jalan kaki, saat ini dengan adanya mobil jarak tersebut
bisa tempuh hanya dalam waktu 12 jam, hanya 1 jam dengan Pesawat Terbang dan bahkan yang dasyat lagi dengan Pesawat Telpon/HP, hilanglah semua sekat dan jarak karena kita bisa
melakukan komunikasi dan kordinasi secara simultan di tempat berbeda tanpa
harus beranjak dari tempat duduk hanya dalam hitungan detik saja. Itulah dampak dasyatnya
teknologi yang kini menjadi bagian tak
terpisahkan dalam kehidupan manusia modern.
Tapi ada satu lini kehidupan manusia
yang teknologi belum optimal termanfaatkan yaitu “TEKNOLOGI
PEMBELAJARAN” baik oleh lembaga pendidikan formal
ataupun non formal. Karena minimnya pemanfaatan media teknologi dalam lini ini, maka. sejak dulu sampai sekarang proses pembelajaran
masih statis. Durasi pendidikan formal tidak pernah ada perubahan, SD
masih 6 tahun, SMP/SMA 3 tahun dengan
output pas pasan. Bukankah TEKNOLOGI
bisa mempercepat proses dan bisa memaksimalkan hasil…? Kenapa kita tidak menggunakannya dalam pembelajaran di
lembaga pendidikan kita…?
Melalui riset yang cukup panjang kami
team Al-Wustho Digital Publishing, alhamdulillah telah berhasil merumuskan
konsep pendekatan pembelajaran dan system pendidikan alternatif berbasis
teknologi dengan brand name ISLAMIC DIGITAL BOARDING SCHOOL (IDBS)
Latar Belakang.
1.
Mahalnya biaya pendidikan
karena banyaknya biaya-biaya dan lamanya waktu yang ditempuh tapi outputnya
tetap standart.
2.
Kemajuan teknologi digital
dan tuntutan zaman.
3.
Belum ada model pendidikan
yang mengintergrasikan teknologi secara totalitas dalam proses pembelajaran.
4.
Perlu adanya edukasi
tentang teknologi agar teknology bisa bisa dimanfaatkan secara maksimal sesuai
fungsinya untuk kepentingan strategis, positif dan produktif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar